Senin, 15 Juni 2009

Larantuka ibukota Kabupaten Flores Timur

Larantuka adalah ibukota Kabupaten Flores Timur; sebuah kabupaten di ujung pulau Flores. Sosok kotanya memanjang dari timur ke barat yang berbatasan langsung dengan garis pantai di sebelah selatannya. Ombak bergulung lembut ditambah keriuhan rutin dari dermaga adalah keseharian Larantuka. Selebihnya, Larantuka berdenyut tegar di bawah terik menyengat Makanan pokok masyarakat di pedalaman yang berupa jagung titi, menambah semakin lengkaplah keterbelakangan Flores Timur dibanding daerah lain.

Namun demikian, selalu ada kemeriahan di wilayah ini seperti yang dapat dilihat di dermaga umum tepi pantai. Di wilayah yang mayoritas beragama Katolik ini, masyarakat memanfaatkan dermaga itu untuk keperluan berniaga maupun sekadar bepergian ke pulau-pulau di sekitarnya seperti Adonara dan Solor. Tidak terbatas hanya di pulau-pulau sekitar, dari dermaga itu masyarakat berangkat dan tiba dari pulau-pulau lain di seluruh Indonesia.

Kehidupan masyarakat Flores Timur begitu tentramnya, meski dibelit berbagai tingkat kesulitan hidup yang panjang. Maklum, wilayah ini pun seolah sepi dari perhatian publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar